Cari Di blog ini :




Risya Rahmi Maulida

Dewangga Ardian Pratama

Ondika Juli Fitra


Rabu, 17 Oktober 2012

Membuat Gambar Menggunakan java AWT

AWT
Abstract Window Toolkit atau disingkat AWT adalah alat pengembangan software asli milik Java yang khusus ditujukan untuk membuat GUI (Graphical User Interface). Hal ini berarti berkaitan dengan pembuatan dan pengaturan Window (misalnya JFrame, Jpanel, dan Container), Gra­phics (misalnya Paint, Color, dan Font), dan user interface (misalnya MouseListener dan ActionListener).

Disini kita akan mencoba membuat sebuah gambar menggunakan tools AWT. Berikut adalah tampilan programnya :
Keterangan wajah smile nya :

Berikut adalah cara membuat berikut kodingnya :
1. Dalam pembuatan Aplikasi sederhana ini, kita menggunakan NetBeans. Jika Netbeans belum terinstall di computer pc anda. Silahkan Install terlebih dahulu, bisa baca postingan saya yang sebelumnya Program Java Desktop Menggunakan NetBeans IDE

2. Buat Project "GUI_JAVA" dan package "gui_java" dan Class HelloAWT di dalam NetBeans

3.Pilih "Select All" dan copy-kan (ctrl+c) kode ini ke dalam
Save dengan nama HelloAWT.java

Berikut adalah penjelasan dari koding diatas :

- Mengambil pewarisan dari class panel

public class HelloAWT extends Panel

 - Membuat constructor background

HelloAWT(){
    setBackground(new Color(227, 227, 227));// warna background

    }


 - Mengubah warna 
karena di dalam program java serba manual, maka memberi warna pun ada aturannya.

A.setColor(Color.black);

keterangan :
A = sebagai objek
setColor = sebagai perintah mengatur warna
Color = sebagai properties warna
black = warna yang kita pilih
diakhiri dengan titik koma (;)

sebenarnya java sudah menyediakan warna-warna default-nya. kita bisa langsung ketikan
(Color.black) --> seperti contoh diatas
atau (Color.white)
atau (Color.pink)

tetapi jika kita ingin warna yang lebih mendetail, bisa juga memakai kode warna RGB. bisa kita lihat di paint. Di menu bar kita pilih "Colors" kemudian pilih "Edit Colors" maka akan muncul seperti berikut

Misalkan kita ingin mengatur warna pink, ketikan koding

A.setColor(new Color(246,90,150));  

A = sebagai objek
setColor = sebagai perintah mengatur warna
Color = sebagai properties warna
246, 90, 150 = kode warna RGB pink
diakhiri dengan titik koma (;)

- Membuat tulisan berwarna pink,
maka kita mengetikan koding warna terlebih dahulu kemudian dibawahnya ketikan koding tulisan-nya

 A.setColor(new Color(246,92,150));//warna font
 A.setFont(new Font("Snap ITC", Font.BOLD,20));// jenis font
 A.drawString("Nama : Putri Widya",20, 255);// koordinat/letak font
Keterangan :
Snap ITC = font face
Font.Bold = type font BOLD
20 = ukuran font
Nama : Putri Widya = Kata yang ditulis
20 = letak koodrinat x (kesamping) kata
255 = letak koordinat y (kebawah) kata

- Membuat garis lingkaran
maka kita mengetikan koding warna terlebih dahulu kemudian dibawahnya ketikan koding garis lingkaran (drawArc)


    A.setColor(Color.black);
    A.drawArc(229,29, 152, 151, 0, 360);//draw lingkaran kepala
ket :
229 = koordinat x gambar
29 = koordinat y gambar
152 = panjang lingkaran
151 = lebar lingkaran
360 = besar sudut lingkaran


- Membuat lingkaran berwarna
sama seperti membuat garis lingkara. Ketikan koding warna terlebih dahulu kemudian dibawahnya ketikan koding lingkaran berwrna (fillArc)


    A.setColor(new Color(255, 229, 50));
    A.fillArc(230,30, 150, 150, 0, 360);//warnai lingkaran kepala

Perbedaan drawArc  dan fillArc

Untuk materi lingkaran sudah selesai, sekarang kita belajar
- Memasukan gambar di java
pilih gambar yang akan dimasukan kedalam program. copy-kan gambar tersebut ke folder project / folder GUI_JAVA (karena project saya bernama GUI_JAVA) pokok-nya yang ada forlder build, nbproject, dan src. kembali lahi k NetBeans ketikan koding gambar berikut :

    Image gambar = Toolkit.getDefaultToolkit().getImage("Domo-kun.jpg");
    A.drawImage(gambar, 20, 30, 180, 165, this);

ket :
Image = merupakan perintah untuk menmpilkan gambar
gambar = sebagai nama objek
Toolkit.getDefaultToolkit().getImage = menggunakan toolkit default dan mengambil gambar
Domo-kun = nama gambar
jpg = tipe gambar
diakhiri titik koma (;)
A = objek
drawImage = membuat gambar
20 = koordinat x gamabar
30 = koordinat y gambay
180 = panjang gambar (px)
165 = lebar gambar

Yasudahlah sekian tutorial kali ini. terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Jika kurang jelas atau ada kesalahan silahkan berikan komentar anada dibawah postingan ini.. ^_^

0 comments:

Visitor

Hope You Enjoy Reading Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Label